Kegiatan: Workshop Kurikulum Berbasis OBE dan Teknik Pengukuran CPL
Hari/Tanggal: Selasa, 30 Juli 2024
Waktu: 12.30 WIB – selesai
Tempat: Universitas Muhammadiyah Magelang

Pada hari Selasa, 30 Juli 2024, telah dilaksanakan Workshop Kurikulum Berbasis Outcome-Based Education (OBE) dan Teknik Pengukuran Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan pendekatan OBE dalam merancang, pelaksanaan dan evaluasi  kurikulum yang lebih responsif terhadap kebutuhan industri dan masyarakat.

 

Workshop ini dimulai pada pukul 12.30 WIB dan dihadiri oleh berbagai peserta yang terdiri dari seluruh dosen di Universitas Muhammadiyah Magelang. Para peserta diberikan pemahaman mendalam dan contoh aplikatif mengenai konsep OBE serta teknik-teknik efektif dalam mengukur CPL untuk memastikan bahwa kurikulum yang disusun mampu menghasilkan lulusan yang siap berkompetisi di dunia kerja.

Fasilitator workshop, Lembaga Pengembangan Pendidikan menyampaikan materi mengenai pentingnya penerapan OBE dalam proses Pendidikan dengan Narasumber Prof. Dr. Ali Muhtadi S.Pd., M.Pd seorang Guru Besar dan Dosen Ahli di bidang Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Dalam sesi akhir, peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan bertukar pengalaman tentang implementasi OBE dengan Prof. Ali Muhtadi M.Pd. Sebagian peserta aktif mengajukan pertanyaan dan berdiskusi mengenai tantangan dan peluang dalam menerapkan OBE serta teknik pengukuran CPL dalam kurikulum.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi Universitas Muhammadiyah Magelang dalam meningkatkan kualitas kurikulum dan pembelajaran, serta menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan global.

Dokumentasi Workshop dapat diakses melalui :

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Lembaga Pengembangan Pendidikan

  • WA                   : +62 852-2932-2619
  • Email                : [email protected]
  • Instagram          : Lpp.unimma
  • YT                    : LPP UNIMMA

Dengan ini, kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak yang terlibat dalam kesuksesan acara ini.